Pesona Little Korea yang memukai di Bandung

 

                                                            sumber gambar: regional.kompas.com


Bandung telah menjadi alternatif  Kota Wisata yang  menarik  bagi sebagian orang.  Salah satunya daya tarik wisata nya yaitu Kampung Korea Bandung. Kampung Korea berlokasi di Kelurahan Kebonwaru, Batununggal, Bandung. Lokasi nya pun tak jauh dari Stasiun Bandung hanya sekitar 3 km.

Kampung Korea Bandung yaitu sebuah desa budaya Korea yang merupakan tempat wisata terkenal dan terpopuler di Kota Bandung. Tempat yang baru dibangun pada tahun 2017 lalu ini digagas oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil saat itu.

Dengan desain penataan ruang berkonsep Korea yang ada di dalam maupun di luar ruangan, yang menjadi daya tarik nya. Tempat ini pun disebut dengan Little Korea. Ide ini pun dikemukakan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil karena di Seoul sudah ada Little Bandung sebelumnya.

Kampung Korea ini pun sempat diresmikan pada Agustus tahun 2019, namun karena pandemi covid akhirnya ditutup. Namun satu setengah tahun kemudian dibuka kembali dan mengubah nama nya menjadi Plataran Kampung Korea.

Untuk sampai kesini, pengunjung bisa melalui dua pintu. Pintu satu melewati gerbang Taman Kiara Artha yang ada di Jalan Kiaracondong. Sedangkan pintu dua, melewati Jalan Banteng dari arah Jalan Jakarta.

Bagi kamu penyuka budaya Korea, tempat ini bisa jadi salah satu tempat tujuan yang wajib disinggahi ketika sedang berada di Bandung. Ada bermacam macam wisata budaya, wisata kuliner Khas Korea, serta hiburan lainnya.

Di tempat ini, kamu bisa mengetahui tentang budaya Korea Selatan. Selain itu, di Plataran Kampung Korea ini ada Kantor Hansamo yang menjadi kantor komunitas budaya Korea terbesar di Indonesia. Komunitas ini diusung langsung oleh Konsulat Jenderal Korea Selatan. Budaya Korea cukup berpengaruh besar di Indonesia.

Banyak dari pecinta budaya Korea yang datang berkunjung, komunitas nya juga rutin mengadakan berbagai acara. Bagi kamu yang ingin belajar huruf Hangul dan belajar Bahasa Korea, kamu pun bisa kursus ditempat ini. Selain itu ada kursus menari K-pop.

Para pengunjung di manjakan dengan suasana Korea dengan gaya arsitektur, serta bermacam kuliner nya. Lokasinya terbagi dua kawasan, yaitu tradisional dan modern. 

Kawasan tradisional ini terdiri dari taman dengan hiasan bunga Mugunghwa dengan jajaran bangunan dengan fasad khas Korea. Bangunan nya pun dibangun dari kayu agar menyeruapai aslinya termasuk pintu, jendela, dan ornament ornament nya.

Untuk kawasan modern dibuat semirip mungkin dengan suasana Kota Seoul yang fasad bangunan nya di hias dengan jendela kaca yang lebar beraneka macam warna.

Untuk jalanan nya juga dihiasi lampu-lampu yang indah dengan bentuk yang  unik. Di sekitar taman juga ada bangku untuk tempat bersantai.

Sedangkan untuk wisata kuliner nya, di Plataran Kampung Korea ini kita bisa mencicipi kuliner ayam goreng khas Korea, ramyeon, toppoki dan sebagainya. Selain itu ada hidangan khas Indonesia juga.

Dan jika kamu ingin bersantai sambil menikmati secangkir kopi kamu bisa berkunjung ke salah satu Cafe yang ada disini yaitu Café Joh Eun Keopi. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang penyuka kopi. Menu yang tersedia yaitu kopi Khas Korea, Naeng yang dibuat dari krimer, espresso serta madu yang disajikan dingin. Serta ada juga kopi biasa seperti kopi espresso, latte, es kopi susu , dan sebagainya.

Oh ya tentu nya kamu ingin membagikan momen liburan mu dengan berfoto, agar sesi foto mu lebih menarik dan berkesan kamu bisa menyewa jasa atau tempat foto dan juga Hanbok (pakaian tradisional Korea) juga loh, yang bikin foto mu makin keren dan instagramable banget pasti nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengintip Gedung Sate, Wisata Sejarah Peninggalan Hindia Belanda